Thursday, October 11, 2012

Crayon dan Pastel Kering

PASTEL DALAM SEJARAH
Melukis menggunakan pastel terasa menyenangkan karena Anda dapat dengan cepat mengubah selembar kertas menjadi sebuah karya lukisan. Pastel adalah sebuah alat lukis kering, jadi Anda tidak memerlukan lagi kuas atau air untuk melukis. Sejarah mencatat bahwa lukisan dari pastel telah ada sejak tahun 1685. bahkan, banyak pelukis zaman dahulu yang menggunakan pastel untuk menciptaka karya seni yang indah, yang sekarang pun masih terlihat sesegar ketika lukisan tersebut pertama kali dibuat.

Popularitas pastel sebagai alat seni mendorong terbentuknya masyarakat pastel pada abad kesembilan belas, dan kelompok ini masih terus ada sampai sekarang. Pastel kuat dan tahan lama, khususnya jika karya yang telah selesai didimpan atau dibingkai secara tepat. Melukis menggunakan pastel sangat indah di pelajari. Pastel adalah media yang baik untuk digunakan dirumah, kelas atau studio seni. Pastel juga merupakan media yang baik sekali untuk digunakan diruang-ruang untuk kegiatan sketsa dan melukis. Pastel memakan sedikit tempat sehingga mudah dibawa atau disimpan.
Jika Anda seorang pemula, pastel adalah media yang sangat bagus sebagai permulaan, jika Anda seorang pelukis tapi belum mencoba pastel, saya yakin Anda akan menyukai pengalaman tersebut dan Anda mencobanya.

PENGERTIAN FINGER PAINTING
Dalam dunia kesenian khususnya seni lukis dan gambar, kita sering di populerkan dengan materi yang beranekaragam. Berbagai macam bentuk dan seni baru dalam lukis banyak dihasilkan, selain untuk mengeksplorasi hobi dan keterampilan, juga untuk memperkaya pengetahuan baru di bidang seni, diantaranya :
Seni lukis & gambar media pensil (arsir & karikatur)
Seni lukis & gambar media spidoll dam sejenisnya
Seni lukis & gambar media cat minyak (kanvas & kertas)
Seni lukis & gambar media cat air (kanvas & kertas)
Seni lukis & gambar media oil pastel Dll.
Dalam bahasa seni, teknik Finger adalah jari/tangan, sedangakan Painting adalah gambaran/lukisan, dalam prakteknya adalah, seni melukis/gambar dengan menggunakan jari.

TEORI DALAM PRAKTEK
Bahan Dan Peralatan
Salah satu yang menyenangkan dari pastel bukan hanya media ini murah, tapi Anda juga dapat memulainya dengan bahan yang sedikit. Yang Anda perlukan hanya selembar kertas putih. Sangat bijaksana Anda memulai hanya bahan dasar dan sedikit demi sedikit menambahnya. Dengan cara ini, Anda akan mengembangkan koleksi pastel dan bahan yang sesuai dengan selera pribadimu sendiri
1.Krayon Kering
Krayon atau pastel kering biasanya terbentuk batang kotak dan terutama berbahan dasar kapur. Pastel jenis ini sangat bagus untuk membuat lukisan pastel, membuat sketsa pastel, dan membuat karya yang detail, warna garis atau detail yang tegas dan kaku dapat dihasilkan jika diperlukan.
2.Pensil Krayon
Pensil pastel adalah pastel kaku atau keras yang terbungkus kayu sama seperti pensil grafit tradisional. Pensil pastel berguna bagi seniman yang ingin membuat karya lukisan yang lebih detail tetapi memerlukan penampilan pastel yang lembut. Ujung pensil pastel atau pensil dapat membantu lebih detail yang lebih berguna. Gambar hewan dan burung, yang efek bulunya sangat penting adalah contoh yang bagus dari objek sering dilukis dengan pensil pastel.
3.Kertas Krayon
Sifat pastel yang lunak dan berbubuk berarti bahwa pastel memerlukan kertas dengan tekstur yang berbeda yang oleh para seniman disebut “gigi”, agar pastel dapat mencengkram permukaan. Permukaan yang halus dan mengkilap tidak disarankan.
4.Penghapusan , Kesalahan
Kadang, Anda membuat kesalahan atau Anda memutuskan untuk mengubah dari suatu lukisan pastel. Jangan mencoba menggosokkan dengan penghapus biasa jika Anda belum benar menguasai. hasil gambar akan kotor dan dapat terlihat buruk. Untuk memperbaiki kesalahan, atau membuat perubahan, gunakan penghapus yang ujungnya bersih dan kering. Sapulah dengan halus bidang yang ingin diubah. Ini akan melonggarkan dan melepaskan pastel dipermukaan. Tiuplah pastel dari lukisan, setelah itu benda, bidang, atau jalur kerja dapat dikerjakan kembali.

PERAGAAN
1.Goresan Pastel Dan Coretan Pastel
Bermain-mainlah dengan pastel untuk melihat beberapa banyak efek yang dapat Anda ciptakan ambillah salah satu pastel pilihan, patahkan menjadi tiga potong dengan panjang yang berbeda jika diperlukan. Cobalah membuat
hatching, yaitu serangkaian garis sejajar
cobalah membuat cross hatching yaitu membuat serangkaian garis sejajar dan kemudian menyilangkan garis sejajar lain diatas garis sejajar mula-mula dengan arah yang berbeda atau stippling menutulkan pastel berkali-kali diatas kertas atau yang dikenal dengan menutul.
2.Membentuk Pastel
Pastel tersedia tingkat kelunakan atau kekerasan tergantung pada pabrik penggunanya. Dengan menggunakan pisau rautan pastel dapat dibentuk sesuai yang diinginkan, dapat juga menggunakan kertas amplas untuk membentuk ujung pastel yang lancip.
3.Contoh Objek Pemandangan
Objek pemandangan memberikan materi yang bagus bagi seniman pastel. Pastel yang serba guna memungkinkan seseorang menangkap perubahan musim semi, panas, gugur, dan dingin, kita dikelilingi oleh banyak macam pemandangan, baik di Negara kita atau di luar negeri. Pastel memungkinkan seseorang menangkap segala suasana pemandangan, dari pemandangan luar biasa yang lembut hingga warna-warni matahari terbenam yang cerah, dari pemandangan yang tertutup salju hingga padang hijau dan pepohonan saat musim panas yang hangat.

Menggunakan teknik sketsa pastel, saya akan menunjukkan cara membuat sketsa pemandangan berwarna di atas kertas pastel abu-abu kebiruan.
Tahap 1.
Anda dapat memilih utnuk membuat sketsa objek tipis dengan pastel putih, atau bekerja langsung dengan ngan saja, dengan menempatkan langit lebih dahulu dan kemudian membuat pemandangannya.
Tahap 2.
menggunakan sisi pastel warna putih, biru muda, dan biru tua, ciptakan langit dan biarkan bagian kertas terlihat.
Tahap 3.
menggunakan ujung pastel hijau muda dan sedag dan cokelat kemerahan untuk pohon beech copper, tutullah pohon dan semak di tahap pertama dengan wara muda dan tua. Menggunakan pastel warna hijau sedang, biru muda, dan putih, dengan goresan pastel sapuan meyamping, mulailah membuat sungainya, dan ingatlah sekali lagi untuk membiarkan beberapa bagian kertas tetap terlihat.
Tahap 4.
menggukana pastel warna hijau yang lebih tua, tegaskan warna dedaunan pohon dan semak hijau yang agak gelap. Gunakan pastel warna cokelat agak tua untuk dedaunan pohon beech copper dan batang pohon. Dengan pastel warna hijau tua dan cokelat kemerahan, beri sedikit pantula dari pohon poplar yang langsing dan pohon beech.
Tahap 5.
menggunakan ujung sisi atas pastel, lengkapilah pantulan pohon di atas sungai dan tambahkan pantulan sinar putih di atas air. Gunakan batang pastel warna hijau untuk melukis rumput di sudut-sudut latar depan lukisan. Dengan pastel warna cokelat muda, cokelat tua, dan putih. Gambarlah pagar yang masuk ke sungai dari taggul sungai sebelah kiri.
4.Contoh Objek Matahari Terbenam
Matahari terbenam di sore hari yang menyala membawa kita ke berbagai warna pastel yang lebih cerah dan lebih hidup. Objek tersebut memberi bidang yang luas untuk tempat berlatih mencampur pastel, tetapi juga menawarkan penggunaan siluet untuk detail, dan kontras antara terang dan gelap.
Tahap 1.
pada kesempatan ini, kita tidak membuat sketsa objek, tetapi menciptakan gambar matahari terbenam dan pantulannya di atas air dahulu. Gunakan pastel putih untuk matahari, kuning dan jingga untuk bidang sisanya, dengan sedikit merah crimson di keempat sudut halama.
Tahap 2.
campur warna-warna dengan ujung jari, dari warna terang ke gelap: putih ke kuning ke jingga ke merah.
Tahap 3.
gunakan ujung atas pastel hitam atau pensil pastel hitam, untuk menggambar dengan tipis bentuk nyata atau pantulan dari kincir angina, rumah, pohon, dan semak.
Detail. A.
Dalam bentuk-betuk yang diciptakan dengan garis tepi, gunakan goresan diagonal pastel warna cokelat untuk mengisi siluet di langit dan pantulannya di sungai.
Detail B.
Tekan pastel cokelat denga lebih kuat.
Detail C.
Gunakan garis diagonal hitam yang lembut di atas warna cokelat tadi, campur dengan ujung jari, atau jika Anda menginginkan, biarkan tidak tercampur di bidang tersebut, terserah pilihanmu.
Tahap 4.
Dengan pastel hitam atau pensil pastel hitam yang runcing, dan penggaris, gambar sirip kincir angina. Sedikit warna kuning dapat digunakan untuk pencahayaan dan juga untuk jendela rumah. Gunakan pastel cokelat tua dan pastel runcing hitam, gambar batang dan cabang pohon. Gunakan warna jingga untuk pencahayaan di pohon tersebut. Lengkapi pantulan dengan goresan pastel horizontal untuk menambahkan efek air.
5. Buah Dan Sayuran
Pelukisan perancis cezanne pernah berkata bahwa semua masalah dalam melukis ditemukan dalam semangkuk apel. Ia bayak menggambar dan melukis kedua objek itu. Buah dan sayuran bisa menyediakan banyak bahan, untuk sketsa pastel atau lukisan pastel dengan begitu banyak warna dan tekstur permukaan. Banyak benda sehari-hari yang kita abaikan dapat menjadi objek yang luar biasa. Saat Anda mengunjungi pedangan sayur atau swalayan, lihat dan pikirkan sejenak bagaimana Anda dapat menciptakan lukisan dari benda-benda yang Anda lihat. Ini bisa berupa suatu karya tentang sebuah apel, beberapa benda di atas meja, atau kelompok yang lebih rumit.

No comments:

Post a Comment